Pramugari Cantik Kereta Ekonomi JayabayaPT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) sedang berbenah memperbaiki penampilan. Salah satunya adalah menempatkan pramugari-pramugari berwajah cantik dan pramugara pada perjalanan kereta ekonomi AC, bisnis dan eksekutif. Termasuk di kereta ekonomi Jayabaya rute Pasar Senen-Malang pergi-pulang (pp), baru diluncurkan hari ini.

Pramugari-pramugari tersebut umumnya berusia 20 tahunan. Meski masih berusia muda, pramugari tersebut bisa memperoleh gaji bulanan mencapai Rp 7 juta. Mereka melayani penumpang seperti makanan minuman, bantal dan selimut. Dengan senyum nan ramah dan berwajah cantik, pramugari kereta siap menyambut para penumpang di pintu kereta. Pramugari ini juga akan melayani atau penumpang selama perjalanan layaknya pramugari di pesawat udara.

Dara Ananda (20) adalah seorang pramugari yang betugas di Kereta Api Jayabaya. Dara baru menjadi pramugari kereta selama dua bulan. untuk menjadi pramugari harus melewati seleksi ketat, seperti psikotes dan tinggi berat badan yang ideal. Pendidikan harus SMA sederajat. Dulu untuk jadi pramugari tidak ada seleksi, interview, tidak ada ditimbang berat badan.

Menurut perempuan yang berdomisili di Bogor tersebut, penghasilan pramugari kereta berkisar Rp 5 juta - Rp 7 per bulan. Itu terdiri dari gaji pokok Rp 4 juta, tunjangan, dan insentif. Untuk satu kereta, ada dua orang pramugari dan dua orang pramugara yang betugas dengan sistem shift atau pergantian untuk rute tertentu. "Saya biasa ditaruh di KA eksekutif. Kalau KA ekonomi kuning belum ada pramugari atau pramugara. Yang sudah ada di KA eksekutif, bisnis dan ekonomi AC," paparnya.

Mereka jalan melayani kebutuhan makan dan minum bila ada yang sakit mereka pun tak segan membantu. Kalau ada pertanyaan pun mereka menjawab atau memberi tahu sudah sampai stasiun mana, kata salah satu rekan Dara bernama Agnes. Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan mengungkapkan, pramugari ditempatkan pada rangkaian kereta eksekutif dan bisnis. Sementara kereta ekonomi tidak ditempatkan. "Iya pasti semua ada. Tapi kalau kereta dengan harga tiket Rp 50 ribu ya tidak ada pramugari, mau digaji berapa mereka," pungkasnya.

KA Jayabaya diluncurkan demi memenuhi permintaan masyarakat akan penambahan jumlah kereta yang melayani rute Jakarta-Malang pp. Selama ini rute tersebut hanya dilayani oleh empat kereta. Yaitu, KA Matarmaja (ekonomi), KA Majapahit (ekonomi), KA Gajayana (eksekutif), dan KA Bima (eksekutif).

Post a Comment

 
Top